bidvertiser

Wednesday, 11 March 2015

Cara mengatasi rem berdecit

Brosis, pasti pernah nih mengalami masalah seperti ini, jengkel juga kan lama-lama kalo rem nya bunyi ngak ngik ngak ngik terus waktu ngerem. Dan terkadang malu juga kan bawa motor keren tapi pas ngerem ngiiiiiiiiiiik duh kayak motor lama yang gak diurus aja hehe

Nah yang paling sering darah tinggi alias marah marah tuh biasanya para kaum hawa nih, apalagi ibu ibu yang awam banget sama motor. Ngga maksud sara yak hihi Namun gak sedikit juga cowok cowok yang katanya suka motor tapi masih awam juga tentang motornya hehe ya gakpapa lah saya juga kek gitu kok, gak banyak tau soal motor :3

Nah solusinya sih gampang aja sebenernya, brosis tinggal cari aja bengkel terdekat dan bilang aja keluh kesahnya pake motor kalian sama mekaniknya, setelah konsultasi tanggal aja buat ngopi ngopio dulu dan biarkan mekanik yang bekerja, beres deh hehe. Tapi buat yang mau iseng iseng atau pengen tau dan pengen bisa reparasi sendiri langsung siapin aja peralatannya, mudah kok.

Yang pertama pastinya copot dulu baut as roda belakang sepaket sama rem nya, alias copot semuanya hehe trus tinggal copot as dan bannya aja. Setelah itu barulah buka kampas rem dan rumah nya buat dibersihin. Bisa disemprot pake angin bertekanan bisa juga di lap, jadi ya suka suka aja kalo yang satu ini.

Setelah kampas rem sama rumahnya bersih, gorok permukaan kampas rem nya buat alur kotak kotak atau garis garis gitu, fungsinya agar rem lebih pakem, sehingga nantinya saat timbul serbuk dari kampas rem gak membuat licin si kampas. Jadi kayak alur ban gitu, nambah gaya gesek. Oiya, sebelum bongkar bongkar jangan sampe lupa ya pemasangannya hehe bisa berabe, tapi santai aja gak rumit ko, tergantung motornya.

Sebenarnya rem yang berdecit seperti itu bisa terjadi karna kampas rem basah atau terdapat banyak serbuk kampas rem. Jadi dengan cara seperti diatas sudah dapat mengurangi atau menghilangkan rem yang berdecit.

Berbeda dengan rem tipe tromol seperti diatas, untuk rem cakram tinggal bersihin aja cakramnya (dan memang idealnya cakram wajib dibersihin secara rutin, karna rem adalah salah satu part terpenting pada kendaraan kita. Yang juga dapat mengontrol nyawa kita #halah

Kalau dibersihin ternyata tetep gak berefek, silahkan copot kampasnya, bersihin dan gorok seperti cara diatas, lalu cakramnya bersihin pake air dan keringkan tapi jangan kering banget. pasang dan langsung pakai aja.

Sepengalaman saya sih 2 tips diatas manjur buat ngatasi masalah diatas, soalnya udah pernah ngalamin sendiri hehe

Sekian, semoga berguna :)

No comments:

Post a Comment

Silahkan berkomentar, nuwun :)