bidvertiser

Saturday, 7 February 2015

Oli mesin habis, ini akibatnya

Oli mesin terkadang menjadi hal yang disepelekan para biker terutama yang menganggap 'yang penting motor bisa dipake jalan yaudah. Padahal oli mesin merupakan salah satu hal yang paling penting.

Oli mesin melindungi part mesin dari aus, panas, dan kotoran. Bisa dibayangkan kan kalo oli mesin kualitasnya jelek, atau lebih parahnya lagi sampai habis karna telat ganti oli. Ganti oli mesin teratur aja mesin masih berkemungkinan besar aus (dan memang gak bisa dihindari, cuman bisa diminimalisir) apalagi yang jarang ganti oli, sampai oli mesin tinggal dikit atau bahkan habis, beuh ancur dah tu motor..

Penyebab mesin rusak memang bukan hanya telat ganti oli yang menyebabkan oli berkurang atau habis namun juga ada kemungkinan pompa oli rusak dan oli tak dapat bersirkulasi ke bagian bagian tertentu dalam mesin.

Hal ini dapat mengakibatkan mesin aus bahkan rusak, baik piston, ring piston, stang piston, klep dll. Gak mau kan sampai keluar uang 1 juta lebih buat turun mesin hanya karna gak ganti oli mesin yang harganya berkisar dari puluhan ribu hingga ratusan ribu saja?

Dan pastikan filter oli selalu dirawat, dengan membersihkannya 2 bulan sekali atau tiap 2 kali ganti oli. Dan akan lebih baik lagi jika filter olinya ikut diganti juga tiap interval 2-3 kali ganti oli, gak cuman dibersihin.

Nah, kalo sampai kejadian, begini nih hasilnya (sumber foto : https://www.facebook.com/photo.php?fbid=10204559029167652&set=gm.338988919617724&type=1&theater )
piston gancet kehabisan oli mesin
Pistonnya sampai gencet gitu, apa gak ngeri tuh. Sayangi motor anda seperti menyayangi diri anda sendiri ya brosis hehe kayak kalo kita pengen minum tapi gada minuman, pasti kekeringan kan :v dehidrasi jadinya, nah motor kekurangan oli pengaruhnya juga kira kira seperti itulah hehe

Namun kejadiannya gak selalu seperti yang di foto tersebut, ada yang piston cuman baret baret aja namun part lainnya geol geol, alias rusak bahkan bisa sampai karatan dan macet loh. wiih ngeri kan, jangan sampai deh kejadian kek gitu.

Sekian, semoga gak ada kejadian seperti itu lagi, kasian motor dan uangnya :D

Semoga berguna :)

10 comments:

  1. Motor saya jupiter mx khabisan oli ktika saya stater kaki mesinnya hidup tapi cuma sebentar trus mulai terdengar suara ngegesek dibagian poring, trus saya matikan, nah saya coba stater lagi sdah ga bisa alias keras,kmungkinan apanya yang rusak ya mas? Tolong solusinya

    ReplyDelete
  2. tambahin oli boss, kalo gak ada oli/habis jangan sekali" dihidupin. akibatnya mesin ngancing.
    tapi berdasarkan pengalaman saat kehabisan oli ane tambahin oli mesin bunyi klatak", akhirnya dibawah deh kebengkel resmi buat di service

    ReplyDelete
  3. Bro mau nanya ni, motor matic ane abis kehabisan oli n ane coba nyalain ga bisa n trus ane isi oli mesin n gardan tapi masih ga bsa nyala juga ! Kejadian nya sih lagi di jalan tiba2 mati motor ane pas ane cek, trnyata oli ane abis... mnurut agan2 tuh kena seher.a atau apa ? Mohon bantuan.a agan agan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kejadian sama ni ky motor ane kena turun mesin, yg kena klep, piston dan ring sehernya gan

      Delete
  4. Mohon Bantuannya Gan
    Motor Ane Mio Waktu itu memang sempet kehabisan oli aje udah ganti Piston,Stang Seger sampe yg namanya bearingnye sekalian tapi alhasil suara berisik kletek-kletek itu belum juga hilang lalu aje coba ganti Rante ketengnya mungkin dan gagal juga tolong suhu bantu aje ngatasin permasalahan ini aje sudah hampir putus asa nanganinya...
    Butuh Pencerahanya Suhu

    ReplyDelete
  5. Mohon Bantuannya Gan
    Motor Ane Mio Waktu itu memang sempet kehabisan oli aje udah ganti Piston,Stang Seger sampe yg namanya bearingnye sekalian tapi alhasil suara berisik kletek-kletek itu belum juga hilang lalu aje coba ganti Rante ketengnya mungkin dan gagal juga tolong suhu bantu aje ngatasin permasalahan ini aje sudah hampir putus asa nanganinya...
    Butuh Pencerahanya Suhu

    ReplyDelete
  6. motor aku olinya habis kang...
    tp gk ada keluar asap ...apanya yang rusak ...dan apanya yang harus di ganti...soalnya saya gk ngerti mesin...
    motor saya jupiter mx lawas th 2009...
    tolong kasih pendapatnya ya gan ...

    ReplyDelete
  7. Tolong bantuan ny si mtor ku mio j barusan kehabisan oli udh d tambah oli tapi motor masih mati..
    Minta solusi nya y

    ReplyDelete
    Replies
    1. bro motor mati mesin dgn kerusakan akibat hbs oli berbeda..kalo motor tetap bs d stater or kick start setelah d tambah oli dan ga bs hidup coba cek system pengapian.tp kl tidak bs d stater ato kick start jg ga bergerak/keras alias macet.y besar kemungkinan piston stuck alias piston macet.solusiny sekedar hny maw hidup mesin masukan oli d lubang stell klep lubang busi jg.ntah berapa bnyk jumlahnya sampai dgn piston bs bergerak.walau bs hidup biasanya motor ber asap alias ngebul

      Delete

Silahkan berkomentar, nuwun :)