bidvertiser

Tuesday, 20 January 2015

Trik meningkatkan performa karbu vakum

Mungkin tips dan trik untuk meningkatkan dan memaksimalkan performa karburator vakum sudah banyak dibahas oleh beberapa forum dan blog. Namun hanya segelintir orang saja yang tau dan dapat mengaplikasikannya, jadi ada baiknya jika kita ulas kembali ya kan. Padahal saya sendiri juga newbie hehehe

Sebenarnya karbu tipe vakum diklaim lebih irit dari karbu konvensional atau skep. Namun banyak yang mengeluhkan tingkat keresponsifitasnya, sehingga banyak pengguna motor berkarbu vakum beralih ke karbu skep demi mengejar performa dan akselerasi yang spontan walaupun lebih boros bbm.

Ini dikarenakan pada karbu vakum saat gas dibuka skep karbu tidak naik seketika seperti pada karbu tipe skep namun menunggu kevakuman dari mesin. Alhasil, akselerasi tidak seresponsif karbu skep atau konvensional.

Buat yang gak mau beralih ke karbu skep tapi menginginkan akselerasi yang lebih responsif, maka kita dapat mengakalinya agar naik-turunnya skep karbu vakum bisa lebih cepat sesuai dengan bukaan gas.
Nah berikut beberapa tips untuk meningkatkan performa pada karburator tipe vakum :

  1. Mengoptimalkan per skep
    Untuk memaksimalkan kinerja karbu, kita dapat memotong per skep ataupun menggantinya dengan per skep yang lebih empuk. Untuk cara yang pertama silahkan potong per bawaan karbu sebanyak 2-4 ulir saja. Jika terlalu banyak dapat menyebabkan brebet dan skep menggantung atau gak mau turun sehingga sangat membahayakan. Jika sudah terlanjur maka solusinya per ditarik atau direnggangkan kembali agar tekanannya bertambah lagi namun lebih baik jika diganti per yang baru jika terjadi kesalahan untuk meminimalisir resiko.
  2. Melumasi skep
    Permukaan skep pada karbu vakum biasanya dilapisi teflon agar dapat mengurangi gaya gesek dan memaksimalkan kinerja skep. Namun seiring waktu penggunaannya lapisan tersebut dapat terkikis oleh partikel-partikel debu sehingga permukaannya menjadi lebih kasar. Untuk mengakalinya bisa dengan melumasi permukaan skep dengan minyak pelumas mesin jahit atau yang lebih dikenal dengan minyak singer.
  3. Seting pilot srew
    Seting pilot screw untuk kondisi standar biasanya ada di manual book motor tersebut. Untuk meningkatkan akselerasi motor, bukaan pilot screw bisa dibuka ¼ – ½ putaran lebih besar daripada patokan standar. Cara ini menyebabkan putaran bawahnya dibuat sedikit lebih boros, namun dengan tambahan volume gas maka energi pembakaran jadi lebih besar, torsi bertambah, dan akselerasi pun meningkatt.
    Namun cara ini sangat bergantung pada kondisi pengapian dan spesifikasi busi, jika pengapian sudah tidak optimal atau menggunakan busi tipe racing/dingin biasanya malah timbul brebet, jika timbul brebet sebaiknya setelan bukaan pilot screw dikembalikan ke standar saja.
  4. Memperbesar main jet
    Memperbesar main jet akan membuat aliran bensin lebih deras pada putaran atas. ukuran main jet tiap karbu berbeda jadi lebih baik biar ditangani mekanik.
  5. Karet vakum
    Nah, ini kalo udah keras alias udah minta ganti langsung ganti aja. kalo bolong bisa ditambal pake lem tribon ato alteco, tapi kalo bisa diganti aja hehe
Sekian, semoga berguna.

1 comment:

  1. tx.info bagus... blogger

    AC, CCTV, PABX TELEPON, ALARM 082231562589 DATA JARINGAN KOMPUTER

    http://jasaturen.blogspot.co.id/2013/01/servis.html

    HUB 0822 315 625 89
    Kami melayani jasa pemasangan dan perbaikan:

    CCTV yg bs dipantau dg HP,
    AC pendingin ruangan,
    PABX interkom telepon,
    Sound System (tata suara gedung, kantor),
    Nurse call (alat pemanggil suster, pelayan resto),
    Alarm maling,
    Alarm kebakaran,
    Instalasi Listrik dan panel Listrik,
    Jaringan komputer,
    Peralatan elektronik.
    Desain alat elektronik (sesuai kebutuhan anda),

    tags, ac di nganjuk,ac di nganjuk, ac di nganjuk, ac di nganjuk, service ac di nganjuk, tukang ac di nganjuk, tukang ac di,
    klik disini

    monggo yg berminat.....

    ReplyDelete

Silahkan berkomentar, nuwun :)