bidvertiser

Sunday, 4 January 2015

Tips Mengatasi Rantai Scorpio Gesek Arm Karena Dibuat Nungging

Pasti bikers scorpio banyak nih yang mengeluhkan monoshock scorpio yang lembek dan terkesan amblas itu. Solusi gampangnya ya tinggal ganti arm relay dan conrod monoshocknya dengan arm relay dan conrod custom atau dengan alternatif lainnya yaitu dengan memendekan arm relay dan conrod ori, dan bahkan menaikan buritan dengan cara memotong rangka kemudian di las kembali.

Namun, gampang bukan berarti tanpa masalah, ada yang masalah shocknya selesai dengan puas, ada pula yang tidak. Mulai dari shocknya malah jadi sangat keras, ada juga yang udah nungging namun tetep ambles.

Tapi ada satu hal yang pasti dieluhkan para pengguna kalajengking ketika tunggangannya dibikin nungging, yakni rantai yang menggesek arm. Dan gak sedikit pula bikers yang dibikin frustasi karenanya. Seperti yang dulu saya alami sendiri hehe

Nah, berikut beberapa tips untuk mengatasi masalah tersebut :

  1. Ganti gearset
    Tips ini adalah yang paling ampuh mengatasi masalah tersebut, dengan mengganti gear depan dan belakang dengan ukuran yang lebih besar dari standarnya (15-44) dipastikan arm bakal aman dari rantai brosis. Namun jangan asal gedhein ya, salah-salah maka performa motor bakalan berubah, dan yang paling parah mesin bisa rusak karenanya.

    Sebenarnya simpel kok, kita cuman harus menghitung rasio gearnya aja dengan membagi jumlah mata gear belakang dengan jumlah mata gir depan. Dan rasio gir bawaan scorpio adalah 2.9333. Nah, untuk mengganti gear harus berpatokan pada rasio stansar tersebut, walaupun sudah dimodifikasi sedemikian rupa sekalipun. Buat yang masih standaran jangan jauh-jauh dari angka tersebut hehe Saya sendiri memakai rasio 16:47 performa mirip standar tapi agak enteng dikit, bisa jug pake rasio 17:50 dll.
  2. Ganti karet tatakan rantai dengan bahan teflon
    Nah, tips ini buat yang dak mau susah-susah ganti gearset. Tinggal beli tatakan teflon (sekarang udah banyak yang jual khusus pio) beres deh, arm awe namun rantai yang terus bergesekan dengan teflon ini bakal lebih cepet aus dan pastinya mengurangi performa. Bagi yang mau buat sendiri juga gampang kok, tinggal beli telenan di pasar, kemudian dipotong sesuai ukuran yang pas, baru deh dibikinin breket, dan siap untuk disiksa :D
  3. Memakai tensioner rantai
    Namun pemakaiannya dibalik, jadi rantai lebih tinggi dari arm, namun di beberapa tensioner tidak dapat dipakai terbalik dan namun kinerja mesin akan jadi agak berat karna rantai akan tekanan pada rantai cukup kuat.
Nah, bagaimana brosis, mau pake cara yang mana? Kalo saya sih  merekomendasikan cara yang pertama hehe, aman nyaman dan tahan lama tanpa kuatir arm tergesek rantai dengan bunyinya yang cukup mengganggu itu. Asal diganti dengan gearset yang berkualitas, pasti awet dan aman kok.

Sekian, semoga berguna..

No comments:

Post a Comment

Silahkan berkomentar, nuwun :)