bidvertiser

Thursday, 8 January 2015

Tips cara membersihkan dan merawat rantai motor

Rantai motor terkadang menjadi part yang jarang dilirik dan amat terlupakan keberadaannya, padahal rantai termasuk salah satu part terpenting yang harus selalu dirawat brosis, bagaimana tidak,  jika rantai putus maka motor kita takkan bisa melaju bukan?

Bahkan rantai yang kotor dan berkarat saja sudah mempengaruhi performa motor secara signifikan loh. Akselerasi dan topspeed pasti akan drop hanya karena rantai yang seret. Maka dari itu kita wajib merawat dan mengecek rantai secara berkala, baik untuk menjaga performa motor, juga demi keselamatan dan kenyamanan kita dalam berkendara.

Berikut tips cara membersihkan rantai motor :


Pertama, jika rantai memiliki sambungan sebaiknya dicopot dulu rantainya agar maksimal. Setelah dilepas rendam dalam solar atau deterjen sekitar 15 menit sambil digosok/dibersihkan dengan kuas atau kain. Setelah bersih gantung rantai agar cepat kering +- 15menit. Setelah kering rendam rantai dalam oli SAE 90-120 selama 5 menit, oiya olinya jangan oli bekas yakk hehe

Kemudian gantung rantai sampai oli tak lagi menetes. Baru deh rantai dipasang lagi ke motor kesayangan. Jangan lupa diseting ulang ya hehe

Cara kedua adalah untuk rantai yang tidak memiliki sambungan, atau bagi brosis yang gak mau ribet bongkar pasang rantai hehe

Bersihkan rantai dengan kuas dan solar atau deterjen. Setelah dirasa bersih bilas dengan air kemudian motor diajak "lari di tempat" atau roda diputar agar air menciprat dan rantai jadi kering. Tunggu beberapa menit sampai benar-benar kering lalu semprot pakai chainlube. semprot pada sambungan pin ya, jangan cuman tengah rantai saja. Atau pakai saja balsem untuk melumasi rantai, ini lebih awet dari chainlube, dan akan lebih bersih daripada menggunakan oli atau gemuk. (tips dari temen)

Nah, gampang kan brosis? Cara merawatnya pun lebih gampang kok, cuman disiplinnya aja yang susah :D Cek rantai secara berkala 1-2 minggu sekali untuk pelumasan rantai, terlebih ketika musim hujan. Jangan sampai rantai kering.

Jika rantai terawat maka usia rantai pun akan lebih panjang, sehingga kantong makin tebel hihihi apalagi kalo chainlubenya bagus bakal lebih awet. Oiya, ngomongin chainlube, saya ada chainlube megacools isi 500ml seharga 35 ribu aja loh,  soal kualitas udah terbukti brosis, mantap! Dan pastinya lebih murah daripada beli di toko hehe yang mau jadi reseller monggo ada harga khusus ^_^
Jika kita merawat rantai motor secara rutin masa pakai rantai pun akan bertambah yang akan

Selain performa yang baik, kemungkinan rantai putus di jalan pun dapat diminimalisir, berkendara pun jadi lebih aman dan nyaman ^_^

Sekian semoga bikers tanah air semakin peduli terhadap hal-hal yang terlihat sepele yang terkadang dapat menyelamatkan banyak jiwa :)

Semoga bermanfaat

No comments:

Post a Comment

Silahkan berkomentar, nuwun :)