bidvertiser

Tuesday, 27 January 2015

Review scorpio turun mesin dan kondisi mesin akibat ring piston aus

Sebenarnya judul diatas agak kurang relevan brosis, karna mesin Pio saya kaga diturunin, cuman bongar aja wkwk

Nah, akhirnya si Pio dibongkar juga buat peremajaan hehe

yamaha scorpio z turun mesin

Namun karena ring seher alias ring piston dah kena cukup lama jadi kondisi pistonnya jadi begindang :v (pen sehernya juga kena, tapi lupa foto)

kerak piston yamaha scorpio

Nah, itu buat masukan brosis supaya cepetan cek ring piston jika motor dah mulai ngebul, dan jka udah aus langsung diganti aja sekalian oversize (lebih baik langsung os daripada ganti ring aja, karna kemungkinan cuma bertahan 1-2 tahun saja)

Kondisi piston yang seperti itu dipastikan oli yang tembus ke ruang bakar cukup banyak, dan kemaren pas belanja sparepart sempet mogok di jalan. Langsung deh cari bengkel buat pinjem kunci busi (jan ditiru yak, kemana-mana gapernah bawa kunci-kunci :D).

Benar saja ketika dicek kondisi busi amat memprihatinkan #halah. Busi basah kena oli dan elektrodanya tertutup kerak hitam pekat yang cukup tebal sampai gamau nyala. Namun setelah dibersihin businya nyala kembali dan si Pio mau idup lagi (puji Tuhan ^_^) trus capcus pulang.
Dan ternyata akibat ring seher aus bukan hanya pada seher atau pistonnya saja brosis..
kerak klep dan rumah klep scorpio

Alamak klep nya penuh kerak tebel. Bersihin klep dari kerak wajib ati-ati, jangan sampai menggores pinggiran payung klep dan lubangnya, sedikit saja tergores bisa bocor ntar. 

Tapi cukup lega ketika stang seher aman terkendali. Soalnya kalau stangnya kena harus ganti bandul dan lahernya juga bisa setengah juta lebih kalo ditotal buat ganti stangnya aja :3 Jadi musti ati ati kalo pake engine break, gaboleh kasar kasar biar stang piston aman terkendali hehehe

Oke, lanjut di artikel berikutnya hehe

Sekian semoga berguna :)

2 comments:

  1. Salam kenal gan.
    Saya nekat mau turun setengah mesin scorpio tp masih bingung caranya, terutama cara top mesin. Mohon pencerahan...

    ReplyDelete
  2. salam brader pio
    pas bngt nch , saya berencana ganti stang seher pio nch , pnyakitnya pas dibawa otw kalo posisi rpm 4rb.an mesin bunyi klotok2 tp pas ditarik gas lagi bunyi ilang ( bngkel langganan udh ksh warning supaya ganti stang seher. note bagian kopling aman terkendali.
    kira2 abis total biaya semua berapa ya brader kalo ganti stang seher pio maunya yg original.
    scorpio skrg cuma bisa topspeed 120km/jam itu udah berat bngt

    kali aja ada solusi , mohon pencerahannya

    salam :)

    ReplyDelete

Silahkan berkomentar, nuwun :)