bidvertiser

Friday, 2 January 2015

Psikologi Itu Seperti Apa dan Bagaimana Prospek Kedepannya?



Oke, bagi yang sudah mulai tertarik tentang psikologi dan mulai merencanakan masa depannya untuk masuk di bangku perkuliahan namun masih bingung apa itu psikologi, dan bagaimana prospek jurusan psikologi nantinya, serta setelah lulus sarjana psikologi mau jadi apa, mari kita diskusikan disini sejalan dengan pengalaman dan pengetahuan kita saat ini.

Psikologi adalah ilmu jiwa, dimana jiwa adalah hal abtsrak yang didefinisikan sebagai penggerak atau pengatur tingkah laku manusia. Secara garis besar psikologi merupakan kajian ilmiah mengenai perilaku dan proses-proses mental. Dimana kajian ilmiah psikologi menggunakan ilmu pengetahuan yang sistematis untuk mengetahui sikap dan perilaku manusia untuk menarik kesimpulan, jadi psikologi bukanlah ilmu klenik ataupun yang berbau dukun, tukang ramal dan lainnya. Dalam perilaku, psikologi mempelajari aktivitas-aktivitas manusia yang nampak secara langsung, dan juga mempelajari berbagai proses-proses mental yakni pikiran, perasaan, dan motivasi yang dialami seseorang yang tidak bisa diamati secara langsung. Oke, saya kira gambaran tentang psikologi sudah dapat diterjemahkan disini, tentang hal apa saja yang akan dipelajari di psikologi.

prospek jurusan psikologi
Prospek jurusan psikologi sangatlah bagus, mengingat di zaman yang sudah medern ini kita sering sekali menjumpai orang-orang yang stres, galau, sakit hati, bingung, dan putus asa. Bahkan tidak sedikit juga orang yang bunuh diri karena dilingkupi banyaknya persoalan hidup mulai dari pekerjaan, relasi, keluarga, dll. Nah disinilah peran seorang psikolog, seiring perkembangan zaman peran seorang psikolog  di berbagai sektor kehidupan sangatlah dibutuhkan. Terlebih karena Indonesia saat ini masih kekurangan psikolog, sehingga lulusan psikologi akan mendapatkan masa depan yang cerah karenanya.

Lulusan S1 psikologi dapat berkarier di berbagai bidang, mulai dari asisten di rumah sakit ( karena untuk menjadi psikolog di rumah sakit atau membuka jasa psikolog minimal harus lulusan S2 psikologi dan memiliki sertifikat), menjadi HRD atau personaliadi berbagai perusahaan, produsen alat-alat psikotes, samapi kepolisian. Bahkan sebenarnya cakupan pekerjaan seorang psikolog tidaklah terbatas, karena pada dasarnya dimana ada manusia, disana psikolog dibutuhkan. Jadi selama umat manusia belum punah akan selalu ada pekerjaan bagi seorang psikolog, karena memang psikolog mempelajari secara khusus tentang manusia itu sendiri.

Nah, sudah paham kan gambarannya seperti apa, bagi yang belum paham silahkan bertanya pada kolom komentar, atau hubungi saya di google+ karena disana tercatat beberapa kontak saya brosis. Mari sama-sama belajar, jadi jangan ragu lagi kalau memang suka akan psikologi. Bagi yang sering jadi tempat curhat, suka membantu memecahkan masalah orang lain, senang membuat orang lain tersenyum bahagia, dan suka akan tantangan jangan ragu lagi untuk memilih psikologi sebagai pilihan progdi anda, karena anda telah memiliki butir-butir pengalaman, pengetahuan, dan bakat terpendam sebagai dasar anda untuk bertolak ketempat yang lebih dalam menuju kesuksesan anda #halah..

Hehe tapi jangan harap di psikologi akan diajari tentang cara membaca pikiran orang lain yak untuk mengetahui perasaan, emosi, dan tingkah laku orang lain, karena kuncinya ada dalam diri kita masing-masing, yakni kepekaan hati dan jamterbang kita dalam menerapkan ilmu pengetahuan yang kita dapatkan


Oke, sekian seoga bermanfaat bagi kita semua :)

No comments:

Post a Comment

Silahkan berkomentar, nuwun :)