bidvertiser

Monday, 26 January 2015

Gejala kampas kopling aus dan per kopling aus dan cara mudah mengenalinya

Pastinya udah tau kan kampas kopling dan fungsinya. Part ini sangat vital bagi kendaraan dan juga dapat aus sewaktu-waktu. Namun santai aja, jika kampas kopling sudah minta ganti ada beberapa gejala yang bisa jadi patokan kok, begitu pun per koplingnya.

Yang jadi masalah kalau lagi perjalanan jauh kampas koplingnya bermasalah, bisa jadi pengalaman riding yang kurang menyenangkan pastinya.

Berikut cara mudah mengenali gejala kampas kopling yang sudah mulai aus. Gak perlu punya ilmu tentang mesin kok untuk tau gejala gejalanya, cuman butuh feeling ke motor aja hehe Anggap aja kendaraan anda bagian dari tubuh anda sendiri hehe

Pada motor dengan kampas kopling yang sudah aus biasanya tarikan atau akselerasi motor tersebut menjadi ‘telat’. Hal ini mirip dengan akselerasi motor dengan karbu vakum namun lebih parah. Cek nya gampang kok, tinggal berakselerasi secepatnya dan ketika pindah gigi akan terasa seperti gas nya telat. Jadi tidak langsung menyentak dan berakselerasi seperti biasanya, ketika kampas kopling masih bagus.

Lalu akselerasi telat juga dapat dirasakan dengan melaju pada kecepatan konstan (+-50% dari rpm puncak) selama beberapa detik lalu puntir gas dengan cepat. Jika kampas kopling sudah aus motor hanya akan meraung namun kecepatan tak bertambah atau bertambah sedikit saja. Jadi terasa tak ada hentakan dan terkadang malah ngempos tenaganya.

Jika kampas masih normal motor akan sedikit meraung dan kecepatan akan bertambah sesuai bertambahnya rpm. Hentakannya sangat terasa dan gak ngempos tenaganya, jadi tenaga motor tersalurkan ke transmisi dengan baik.

Namun jika motor dalam kondisi sudah panas, dan dibawa jalan jauh atau macet-macetan sehingga ketika berhenti saat lampu merah motor berjalan dengan sendirinya walaupun handle kopling sudah dipencet berarti kemungkinan adalah gejala per kopling lemah atau aus bukan kampas koplingnya. Terkadang ada juga beberapa bikers yang salah kaprah mengenai hal ini.

Hal ini terjadi karena daya pegas per berkurang sehingga tidak dapat menekan kampas kopling dengan kuat. Panas mesin juga sangat berpengaruh, karena bahan per yang kurang baik akan melemah ketika panas, jadi gaya pegasnya juga melemah dan tekanan pada kampas kopling berkurang.

Nah, namun bukan berarti harus ganti per juga, bisa jadi cuman setingan kabel koplingnya saja yang bermasalah, bisa jadi terlalu ‘cetek’ setelannya. Sehingga saat mesin panas per yang mulai sedikit lembek jadi sangat rentan karena setingan kopling sangat pendek.Jadi jangan langsung vonis per kopling lemah hehe cek dulu setelannya.

Nah, mudah kan? alangkah baiknya jangan menunggu part tersebut sampai aus baru diganti namun diganti sesuai anjuran pabrikan (ditambah +-10rb km :D). Supaya performa motor kesayangan tetap fit. Kan gak lucu kalo lagi enak enaknya touring eh kampas aus, jadi selip mulu hehe

Sekian semoga berguna :)

4 comments:

  1. Om mau tny,saya baru turun mesin termaksud gnti kampas kopling,kopling ganda dan makok.a saat dcoba kok tarikan mtr telat ya saat gas dibejek??krn saya penasaran saya tanya ke mekanik.a, kata doi itu krn masih inreyen, apa benar seperti itu gan?? Mohon pencerahan.a, makasih

    ReplyDelete
  2. Mau tanya donk bro motor ane CB mesin megapro primus tahun 2008,masalahnya klw mesin sudah panas koplingnya jdi deket/kopling masi jalan pada saat di pencet koplingnya,padahal kampas koplingnya sudah baru,kira" masalahnya apa yah mohon jawabnya donk bro.tks😊

    ReplyDelete
  3. Gan shogun ane klo buat jlan stelan kopling brubah jdi kendor sndiri apa pernya ya?

    ReplyDelete

Silahkan berkomentar, nuwun :)