bidvertiser

Thursday, 1 January 2015

Berbagai Manfaat, Khasiat, dan Mitos Daun Kelor



Oke pemirsa, ketemu lagi dengan berita terhangat kami #halah
"Dunia tak selebar daun kelor " hm apakah brosis pernah mendengar peribahasa tersebut? Pernah dong pastinya, tapi kali ini bukan membahas soal peribahasa tersebut brosis tapi mau mengulas tentang daun kelor, daun mini nan imut yang banyak manfaatnya ini. Kira-kira apa aja yah, langsung aja dibahas yuk berbagai manfaat dan khasiat kelor beserta sejarah tanaman tersebut brosis..

Daun kelor oleh adat Jawa sering disebut-sebut mempunyai kekuatan mistis yang kuat. Daun kelor juga sering dipakai untuk memandikan jenazah, karena diyakini daya ghaib yang dapat "membersihkan" jenazah tersebut. Selain itu kelor sering pula ditanam di pagar rumah oleh sebagian orang yang percaya bahwa pagar rumah dari tanaman kelor tersebut dapat melindungi seisi rumah dari berbagai hal ghaib yang bersifat negatif terhadap seisi rumah.

Bahkan dipercaya dapat mengobati berbagai penyakit yang disbabkan oleh hal-hal ghaib, melumpuhkan orang yang mempunyai ilmu ghaib, dan mengeluarkan susuk dari tubuh seseorang. wihh hebat yak tumbuhan yang satu ini brosis. Tidak hanya sampai disitu, ternyata di luar negeger kelor disebut juga sebagai "Miracle Tree" atau "Tree of Life".

Nah, kali ini langsung saja kita bahas manfaat dan khasiat daun kelor bagi kesehatan. Berikut manfaatnya :

  1. Benalu
    Ternyata benalu dari pohon kelor juga sangat bermanfaat dan dapat menyembuhkan penyakit tumor dan kanker.
  2. Akar pohon kelor
    Akarnya dapat menyembuhkan penyakit reumatik, diuretikum, dan gonorrhea. Juga sebagai peluruh air seni, dahak, haid dan penambah nafsu makan.
  3. Kulit batang
    Sangat ampuh sebagai penawar racun ular dan kalajengking
  4. Buah kelor
    Mengandung zat alkaloida morongiona yang dapat merangsang pencernaan makanan. Buah ini dapat dikonsumsi dengan dijadikan sayur asam.
  5. Bunga kelor
    Air rebusan bunga kelor dapat membantu mengatasi rasang tenggorikan, flu, dan cacingan.
  6. Biji kelor
    Biji kelor dapat digunakan sebagai penjernih air alami. Biji kelor juga mengandung 40% lemak tak jenuh yang baik naik kesehatan.
  7. Daun Kelor
    Daun kelor merupakan bagian dari pohon kelor yang paling banyak manfaat dan kandungan gizinya, bahkan di negara-negara yang kekurangan gizi dan pangan daunkelor dimanfaatkan untuk mencukupi kebutuhan gizi bagi negara-negara tersebut. Di Amerika pun telah diprodukdi banyak suplemen makanan yang terbuat dari kelor. Berikut kandungan gizi daun kelor: Kandungan vitanmin C 7 kali lebih banyak daripada buah jeruk. Potassium daun kelor 3 kali lebih banyak daripada pisang. Vitamin A pada daun kelor 4 kali lebih banyak daripada wortel. Kalsium pada daun kelor 4 kali kalsium pada susu sapi. Dan daun kelor juga banyak mengandung vitamin B kompleks, vitamin D, cholin, zat besi dan protein.
Manfaat utama daun kelor adalah sebagai berikut :
  1. Meningkatkan stamina dan daya tahan tubuh.
  2. Meningkatkan metabolisme tubuh.
  3. Meningkatkan fungsi hati dan ginjal.
  4. Meningkatkan struktur sel tubuh.
  5. Menyehatkan mata dan otak.
  6. Sebagai antioksidan, anti bakteri, anti mikroba, anti inflamasi dan mempercepat enyembuhan berbagai penyakit.
  7. Menurunkan kadar gula darah.
  8. Menyehatkan sistem pencernaan.
  9. sebagaiobat reumatik, asam urat, batu gijal, demam, flu, radang, bronchitis, kanker dan tiroid.
  10. Mengobati jerawat dan menghilangkan flek hitam diwajah.
  11. Menurunkan kolesterol jahat.
Nah banyak banget kan manfaatnya. Selain manfaat yang banyak banget, penanaman kelor tergolong mudah brosis, bahkan disaat cuaca panas dan kering. Tinggal memotong batang pohon kelor menjadi beberapa bagian untuk kemudian di tanam (teknik stek natang). Mudah kan brosis, maka dari itu mari kita jaga kesehatan kita mulai dari sekarang dengan mulai mengkonsumsi kelor, baik dijadikan minuman, sayur, bedak dan sebagainya. Jangan ditunda-tubda lagi, dan kalau perlu silahkan ditanam di pinggir-pinggir rumahatau kebun brosis biar sekaligus jadi pagar rumah hehe

Sekian, semoga berguna bagi kita semua :)

1 comment:

  1. Banyaknye manfaat dari kelor daun ni, sunguh sayang masih sedikit yang tau manfaatnya kelor daun inni, terimkasih informasinya

    ReplyDelete

Silahkan berkomentar, nuwun :)