bidvertiser

Sunday, 4 January 2015

Berbagai Manfaat dan Khasiat Tapak Liman Bagi Kesehatan



Apakah ada yang tau tanaman tapak liman sebelumnya? Sepertinya tanaman liar ini kurang begitu pupoler di mata masyarakat. Tanaman ini sangat mudah tumbuh pada tempat yang lembab, walaupun kenyataannya di rumah saya tanaman ini tumbuh subur di tempat yang kering. Tapak liman dapat dengan mudah kita temukan di pinggir-pinggir sawah, pinggiran sungai, dan di tempat yang lembab. Namun banyak juga loh yang membabati dan membuang tanaman ini karena dianggap sebagai hama yang merugikan. Sayang sekali ya, karena mereka belum tau akan berbagai manfaat tapak liman.


Daun tapak liman kaya akan epifrienol, lupeol, stiqmaterol, triacontan-l-ol, dotriacontan-l-ol, lupeol acetat, deoxyelephantopin, dan isodeozyelephantopin. Daun tapak liman juga mengandung minyak atsiri sebagai berikut : asam deksadekanoat, tetradydronapthalelol dimetil isopropyl, b-sesquiphellandrene, asam octadecadienoic, dan fitol. Serta kaya akan senyawa flavonoid, terpenoid, dll.

Berikut berbagai manfaat dan khasiat tapak liman bagi kesehatan :

  1.  Obat hepatitis
    Ambil 120-180 gram akar segar, cuci lalu rebus dan diminum.
  2. Mengobati radang
    Rebus tanaman tapak liman yang telah dikeringkan, lalu diminum secara ruting.
  3. Menyembuhkan anemia
    Daun tapak liman dicuci lalu ditumbuk sambil ditambahkan air matang. Kocoklah sebutir kuning telur yang dicampur sesendok madu lalu campurkan pada tumbukan tadi. Diminum sekali sehari selama seminggu.
  4. Perut kembung
    2 batang tapak liman dicuci dan direbus dengan 2 gelas air. Kemudian air rebusan dibagi 2 untuk 2 kali minum.
  5. Mengobati cacar air
    Tapak liman direbus dicampur dengan temulawak, kunyit, asam kawak, dan gula merah. Air rebusannya diminum.
  6. Mengurangi nyeri haid
    Cuci bersih batang dan daun tapak liman, ditambah potongan temulawak, sesendok teh asam, kunyit, dan gula merah secukupnya. Kemudian rebus semua bahan tersebut dengan 4 gelas air sampai tersisa 2 gelas untuk diminum 3 kali sehari.
  7. Mengurangi keputihan
    Cuci satu tanaman tapak liman yang masih segar, tambahkan 1/4 genggam meniran dan sambiroto, kunyit, temu kunci, dan 3 lembar daun sirih. Rebus dengan 4 gelas air sampai tersisa 2 gelas saja untuk diminum 3 kali sehari.
Selain yang disebutkan diatas, tapak liman juga dapat mengobati penyakit beri-beri, peluruh air seni, melancarkan perdaran darah, gigitan ular, disentri, ginjal, lever, dan batuk-batuk. Resepnya pun gampang kok, hampir sama dengan cara-cara diatas. Rebus beberapa helai daun tapak liman lalu air rebusannya diminum.

Oiya, bunga tapak liman juga sangat berkhasiat loh untuk menyembuhkan penyakit, yakni penyakit mata. Artikel tentang bunga tapak liman menyusul brosis hehe

Sekian, semoga bermanfaat.

1 comment:

  1. Maaf mas Fotonya keliru tuh, itu tanaman ki Tolod. Yang butuh bibit Tapak Liman dan aneka herbal bisa hubungi kami di chasiapro@gmail.com atau 082136712513 Siap kirim ke seluruh Indonesia. Trims Prabowo JOgja, Jakarta, Bandung, Medan, Malang, Balikpapan.

    ReplyDelete

Silahkan berkomentar, nuwun :)